18 Desember 2012

Pengenalan PTI P-1

Hallo rekan Blogger , kali ini saya akan membahas apa saja yang saya dapatkan di pertemuan 1 Mata Kuliah PTI ini.

Jam 08.00 mata Kuliah pertama saya di mulai, awal saya masuk dunia perkuliahan , karena ini pertemuan pertama dosen hanya memperkenalkan dirinya .

Dosen PTI saya bernama Ni Komang Sri Julyantari . beliau menyampaikan beberapa materi singkat saja karena ini awal pertemuan dan pertama kalinya saya kuliah

Langsung Cod aja ga usah pake lama ya kawan daripada saya kelamaan curcol ini dia gan

Pengantar Teknologi Informasi

Berdasarkan penjelasan Dosen Mata kuliah Pengatar Teknologi Informasi ini di berikan kepada semua Mahasiswa IT (Stikom Bali) semester awal . sebagai pengantar atau perkenalan terhadap dunia IT (Informasi Teknologi) . Jadi Dasar-Dasar IT Pengenalan nya di mata kuliah ini (pemahaman saya).karena jurusan saya IT jadi ya dapet pengantarnya donk :D (pemikiran saya).

Materi yang di Jelaskan

Teknologi
Berasal dari Bahasa Perancis “ La Teknique” yang mempunyai arti semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan suatu rasional

Informasi
Informasi merupakan hasil dari data yang telah mengalami proses tertentu (pengolahan data) atau dengan kata lain dapat kita sebutkan bahwa kita dapat mengambil atau mengekstrak Informasi dari data yang ada

Teknologi Informasi
adalah teknologi (pemanfaatan) yang berhubungan dengan masalah informasi ditinjau dari segala aspek mulai dari pengumpulan data, penyimpanan data, pengolahan data menjadi informasi, sampai dengan proses penyampaian informasi kepada orang yang membutuhkan. itu dia mengenai Teknologi Informasi

3 Komponen Utama, yakni :
·         Komputer (Computer)
·         Komunikasi ( Communication)
·         Keterampilan (Knowhow)

Di dalam Teknologi Informasi memiliki Siklus untuk Mengolah Data, yang memiliki 3 komponen yaitu : Input (Masukan) > Proses > Output (Keluaran)

Rangkaian Pengolahan Informasi pada Komputer
Capture
Penyusunan Record yang terperinci
Transmit
Proses Komputer Mendistribusikan Informasi melalui jaringan komunikasi
Store
Proses Komputer penguat informasi untuk penggunaan di masa depan
Retrieve
Proses di mana komputer menempatkan dan menyimpan salinan data atau informasi untuk pengalaman lebih lanjut
Manipulate
proses selanjutnya dari retrieve yang berfungsi hampir sama dengan retrieve
Display
Proses Menampilkan mengubah dan menganalisis data

No
Fungsionalitas
Device/Teknologi
1
Capture
Keyboard, bar code scaner, document scanner, optical character recognition,
sound recorder, video camera, voice recognition software
2
Transmit
Broadcast radio, broadcast television via regional transmitter, cable TV,
satellite broadcast, telephone network, data transmission network for moving
business data, fiber optic cable,fax machine, electronic mail, voice mail,
Internet
3
Store
Paper, computer tape, floppy disk, hard disk, optical disk, flash memory, CD-
ROM
4
Retrieve
Paper, computer tape, floppy disk, hard disk, optical disk, flash memory, CD-
ROM
5
Manipulate
Computer (plus software)
6
DIsplay
Laser printer, computer screen

Rangkaian di atas membentuk siklus yang terus berputar seperti rantai makanan pada sebuah komputer karena sehabis display maka proses akan masuk ke capture lagi dan berputar terus menerus (pemahaman saya)
itu dia gan materi pertemuan 1

gimana masih enteng kan woles aja belajar IT dari dasar.
pertemuan di selesaikan sampai di sini, ketika kata itu keluar dari dosen waktunya makan *go to canteen :D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar